top of page

Sebaiknya perhatikan tanda-tanda gangguan kecemasan ini


Sulit tidur, berpikiran negatif, selalu khawatir, sering deg-degan, badan terasa selalu pegal atau sulit konsentrasi dan tidak produktif? Mungkin saja Anda mengalami gangguan kecemasan. Kecemasan (anxiety) seringkali menghampiri kita karena rasa cemas adalah perasaan yang normal dan pasti pernah dialami oleh setiap orang. Tanpa kecemasan, mungkin kita tidak bisa hidup lama karena rasa cemas merupakan salah satu "alat" untuk kita bertahan hidup.

Namun, kadangkala kecemasan seringkali merajalela sampai sulit dikontrol oleh kita sendiri, bahkan rasanya perasaan cemas tersebut yang mengontrol kita. Nah apa batasnya perasaan cemas dan gangguan kecemasan? Sampai sejauh mana Anda harus mewaspadai perasaan cemas yang dirasakan?

1. Bila sudah mengganggu fungsi keseharian

Perasaan cemas dalam kategori gangguan kecemasan akan menghantui Anda selama berhari-hari bahkan setidaknya selama 6 bulan berturut-turut dan hal ini mengganggu Anda dalam pekerjaan, sekolah, dan pergaulan sosial. Anda akan merasakan khawatir mengenai hal-hal yang tidak dapat Anda kontrol dan selalu memiliki pikiran-pikiran yang membuat Anda tidak dapat melakukan kegiatan Anda sehari-hari.

2. Perasaan kelelahan dan badan terasa pegal-pegal

Gangguan kecemasan bisa ditandai dengan perasaan kelelahan sehingga Anda merasa pegal-pegal, badan tidak enak, bahkan nyeri punggung, pinggang maupun pundak. Terutama apabila rasa kelelahan ini dirasakan hampir setiap hari selama beberapa bulan dan kegiatan Anda sebenarnya tidak terlalu melelahkan fisik. Misalnya, hanya kegiatan perkuliahan saja sepertinya menghabiskan banyak energi sampai-sampai Anda tidak merasa fit/sehat fisik karena slealu merasa lelah walau sudah tidur cukup.

3. Sulit konsentrasi dan fokus

Apabila dalam pekerjaan dirasakan produktifitas Anda menurun bahkan anjlok, bisa jadi Anda mengalami gangguan kecemasan. Sulit konsentrasi dan fokus terhadap pekerjaan kita atau fungsi kita dalam keseharian bisa manjadi salah satu tanda bahwa kita menuju gangguan kecemasan. Biasanya jika Anda gemar membaca buku dan saat ini sulit sekali untuk mengerti atau memahami buku tersebut, sebaiknya Anda waspada dengan kondisi Anda. Terutama apabila Anda sulit konsentrasi dalam pembicaraan kasual atau bahkan seringkali ketika Anda berbicara tiba-tiba saja pikiran blank.

4. Mudah tersinggung/mudah marah

Orang dengan gangguan kecemasan biasanya akan sensitif terhadap lingkungannya dan mudah sekali merasa tersinggung bahkan marah padahal hanya dikarenakan hal yang tidak penting/kecil.

5. Sulit tidur

Gangguan kecemasan akan membuat Anda merasakan sulit tidur, sulit tertidur pulas atau sulit merasakan tidur yang berkualitas. Pola tidur yang terganggu ini bisa jadi salah satu tanda Anda sedang mengalami gangguan kecemasan.

Perlu diingat bahwa dalam gangguan kecemasan, tanda-tanda yang dijabarkan diatas tidak disebabkan oleh pemakaian obat-obatan, penggunaan alkohol, atau kondisi kesehatan lainnya seperti hyperthiroidism.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala diatas, sebaiknya Anda melakukan konsultasi psikologis agar dapat menangani kondisi tersebut secara lebih efektif.

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Twitter - Black Circle
  • Facebook - Black Circle
bottom of page